Minggu, 19 Desember 2010

Penyakit Cikungunya


Kali ini bintang mw membahas mengenai penyakit yang satu ini,..Karena beberapa minggu lalu aq terserang cikungunya,..bahkan sampe saat ini masih belum sembuh total,..Rasa nyeri yang di akibatkan sungguh menyiksa dan membuat tidak nyaman.

Apa itu Cikungunya??
Dari beberapa sumber yang q baca, Chikungunya berasal dari bahasa Shawill yang berarti “Berubah Bentuk atau Bungkuk” mengacu pada postur penderita yang membungkuk akibat nyeri sendi hebat (Arthralgia). Nyeri sendi ini menurut lembar data keselamatan (MSDS) Kantor Keamanan Laboratorium Kanada, terutama terjadi pada lutut pergelangan kaki serta persendian tangan dan kaki.
Gejala Demam Chikungunya mirip dengan Demam Berdarah Dengue yaitu Demam yang tinggi, menggigil, sakit kepala, mual, muntah, sakit perut, nyeri sendi dan otot serta bintik-bintik merah pada kulit terutama badan dan lengan. Bedanya dengan demam berdarah dengue, pada chikungunya tidak ada perdarahan hebat, renjatan (Shock) maupun kematian. Masa inkubasi dari demam Chikungunya dua sampai empat hari. Manifestasi penyakit berlangsung tiga sampai 10 hari . Virus ini termasuk Self Limiting Disease alias hilang dengan sendirinya. Namun rasa nyeri masih tertinggal dalam hitungan minggu sampai bulan. Tak ada vaksin maupun obat khusus untuk Chikungunya. “Cukup minum obat penurun panas dan penghilang rasa sakit yang bisa dibeli di warung, yang penting cukup istirahat, minum dan makanan bergizi”, saran Thomas

Cikungunya itu bahaya gak sih ??
Berdasar beberapa info , banyak yang menyebutkan bahwa cikungunya bukan termasuk penyakit yang berbahay.Karena sampai saat ini belum ada tercatat kematian yang di akibatkan oleh penyakit ini.Namun meskipun demikian,penyakit ini perlu di hindari ( segala macam penyakit emang harus di hindari sey :D ). Nyeri yg di rasakan pada penderita cikungunya mengakibatkan rasa tidak nyaman,..Bahkan ada yang hanya terbaring lemas tak berdaya.Setiap bergerak otot2 sendi akan terasa nyeri..(Aq yg tidurnya gak pernah diem,karena cikungunya harus bisa tidur diem seperti robot.Gimana tidak,..tiap kali gerak aq jadi terbangun karena kesakitan .Sungguh menyiksa dan membuat tidurQ menjadi tak enak sampai2 aq selalu kurang tidur).
Penyakit yang di tularkan melalui nyamuk ini sudah mulai meresahkan warga,..Karena gak hanya di desa,namun kini sudah menyebar ke kota.Beberapa bulan yang lalu Semua warga di kampungQ tak terkecuali anak2 terserang penyakit ini.Setelah semua warga terserang cikungunya,baru ada penyemprotan,..dan itu tak di lakukan secara berkala.Padahal seharusnya penyemprotan di lakukan secara rutin,gak hanya saat ada warga yg terserang penyakit,Apalagi di musim hujan seperti saat ini,..setidaknya dalam seminggu di lakukan minimal 2x penyemprotan untuk mencegah penyakit lain yg di sebabkan oleh nyamuk..( Kalau saja rutin di lakukan penyemprotan mungkin aq gak terserang penyakit ini ).UntungNya aq masih bisa beraktifitas seperti biasa,..walaupun setiap bergerak terasa nyeri,.

Menyebabkan lumpuh sementara


Beberapa foto penderita cikungunya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar